Betun, KontasMalaka.com– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malaka dan Tim Kerja Kementerian Sosial (Kemensos) menemui warga desa yang menerima bantuan pemberdayaan. Bantuan pemberdayaan itu disalurkan kepada masyarakat pasca pertemuan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH.,MH bersama Menteri Sosial, Ir. Tri Rismaharini, MT.

Kadis Sosial Kabupaten Malaka, Folgentius Bere Fahik, S.Pd.,M.AP kepada wartawan, awal pekan ini mengatakan tim kerja Kemensos baru saja menyelesaikan agenda kerja di Kabupaten Malaka. “Kurang lebih, hampir sepekan, mereka ada di Malaka dan kunjungi semua desa sasaran bantuan,” kata Kadis Folgen, demikian akrab dikenal.

Kadis Folgen menyebut sejumlah desa yang menjadi sasaran bantuan pemberdayaan Desa Biudukfoho di Kecamatan Rinhat, Desa Laleten di Kecamatan Weliman, Desa Weoe di Kecamatan Wewiku, Desa Umatoos di Kecamatan Malaka Barat, Desa Kufeu di Kecamatan Io Kufeu, Desa Uabau di Kecamatan Laenmanen, Desa Kamanasa di Kecamatan Malaka Tengah.

Menurutnya, desa-desa tersebut akan menerima bantuan pemberdayaan berupa sapi, babi, kambing dan ayam. Sedangkan, warga Desa Numponi di Kecamatan Malaka Timur, Desa Desa Alas Selatan, Desa Alas Utara, Desa Alas Kotabiru di Kecamatan Kobalima Timur akan diterimakan bantuan rumah tahan bencana sebanyak 100 unit. Dan Karang Taruna Desa Beaneno di Kecamatan Sasitamean yang menerima bantuan sarana kolam renang.

Dalam kunjungannya di Desa Weoe, Masitotu Multa, Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Karang Taruna Kemensos mengatakan terobosan dan upaya Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH.,MH bersama Dinas Sosial sebagai instansi teknis dalam program-program pemberdayaan masyarakat di Kementerian Sosial (Kemensos) menuai hasil. Niat dan kerja keras Bupati Simon dan Kadis Folgentius bersama staf pantas diapresiasi.

Apresiasi itu senantiasa disampaikan Masitotu Multa, Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Karang Taruna Kemensos dalam arahannya saat berkunjung ke sejumlah desa di Kabupaten Malaka. “Ini kerja Kadis Sosial dan pak bupati yang baik hati. Sangat baik hati pak bupati, karena terus bekerja untuk melayani masyarakat,” kata Masitotu.

Dia berharap, warga penerima manfaat terus berdoa dan bekerja agar tidak ada kendala dalam penyaluran bantuan yang dilaksanakan dalam waktu dekat. “Dalam lindungan Tuhan, kita bisa sukses dalam kegiatan ini,” lanjutnya Masitotu dalam kunjungannya yang didampingi stafnya Wilfun Afnan dan Sari Oryza.

Sedangkan Kadis Folgentius didampingi Emanuel P.E Manek, SE (Kabid Bencana), Vinsentius Y. Mau, S.Sos (Kabid Rehabilitasi Sosial), Serafinus Nahak Mau, S.Ip (Kabid Perlindungan Sosial), Maria Demetriana Trida Kehi, SE (Kabid Pemberdayaan Sosial), Rofinus Seran, S.Si (Kasie Pemberdayaan). (pyn)